Anjungan Pelayanan Jalan (Road Side Station/ROSITA)

Anjungan Pelayanan Jalan (APJ) atau Anjungan Cerdas atau ROSSITA (Roadside Station) adalah konsep tempat istirahat yang berfungsi selain sebagai tempat beristirahat juga sekaligus sebagai simpul interaksi antara penduduk lokal dan pengguna jalan. Tujuannya untuk medorong peningkatan pengembangan ekonomi lokal melakui pengenalan dan pemasaran potensi alam dan penduduk masyarakat daerah setempat.

Manfaat :

1. Fasilitas yang disediakan efisien dan efektif dengan memperhitungkan jam puncak lalu lintas secara bijaksana.

2. Perencanaan yang komprehensif dengan mengharuskan penyelenggara jalan memanfaatkan pedoman dan Standar Nasional Indonesia untuk perencanaan jalan, perlengkapan jalan, bangunan pelengkap jalan, dan fasilitas dan utilitas bangunan gedung.

3. Penentuan jenis fasilitas didorong untuk lebih efisien dengan mengacu pada analisis kebutuhan dan manfaat yang lebih optimal dengan memaksimalkan interaksi antara pengguna jalan dengan masyarakat dan lingkungan, serta memperhatikan kesetaraan dan responsif gender (wanita, anak-anak, dan orang berkebutuhan khusus).

4. Pembangunan tempat istirahat didorong untuk lebih memanfaatkan teknologi dan material yang ramah lingkungan.

5. Penyediaan tempat istirahat berpihak kepada pengenalan dan pengembangan produk lokaldan membatu perekonomian usaha mikro kecil dan menengah.